Senin, 10 Mei 2010

BERSYUKUR

Ada banyak hal yang harus kita syukuri dalam hidup ini. Seringkali kita tidak bersyukur atas apa yang kita miliki, sering pula kita mengeluh bila terjadi sebuah masalah dalam kehidupan kita. Kita sering merasa bahwa kita adalah orang yang paling terhimpit, orang yang paling stress, pusing, susah, dan lain sebagainya. Tapi jika kita melihat orang-orang di sekitar kita, ternyata masih banyak orang yang hidupnya jauh lebih susah dibanding kita. Berapa banyak orang yang masalahnya jauh lebih berat dibandingkan dengan masalah yang kita hadapi. Tapi, kenapa kita sering mengeluh, kita sering kali alpa untuk bersyukur?

Suatu sore, beberapa waktu yang lalu di stasiun kereta api Kebayoran Lama. Ku lihat seorang nenek tua duduk di pinggir rel, sambil berjualan kerupuk, kacang rebus, dodol, dan sebagainya. Wajahnya penuh dengan kerutan, matanya terasa sayup, giginya pun sudah banyak yang ompong. Hatiku menangis bagai teriris. Dalam hati ku berkata "Oh Tuhan, nenek setua itu masih saja harus berjuang keras untuk menyambung hidupnya".

Masih kita tidak bersyukur? Masihkah kita akan mengeluh? Maka pantas, rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk selalu melihat orang yang lebih dibawah dari kita, dan melarang kita melihat orang yang lebih tinggi dalam segi harta, tidak lain dan tidak bukan adalah supaya kita bersyukur atas apa yang kita miliki. Tuhan, jadikan aku hamba-Mu yang pandai bersyukur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar